Ingat IRC? Masih Ada – Dan Masih Layak Digunakan

dalnet irc

Di masa Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya, salah satu bentuk komunikasi online cenderung diabaikan: Internet Relay Chat (IRC). Sayang sekali, karena IRC adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dukungan gratis, terutama untuk perangkat lunak sumber terbuka. Dalam banyak kasus, Anda bisa mendapatkan bantuan langsung dari pengembangnya sendiri.

Mengapa IRC?

Tentu saja, IRC tidak disebutkan sebanyak platform lain, dan jika Anda mendengarnya di pers teknologi, biasanya karena peretas Anonymous telah mengoordinasikan serangan botnet yang menggunakannya. Tapi meski rap buruk, masih banyak yang bisa ditawarkan. (Untuk informasi lebih lanjut tentang serangan, lihat The Cyber ​​War Against Terrorism.)

Satu hal yang IRC lakukan untuk itu adalah umur panjangnya. Sudah ada sejak akhir 1980-an, jauh sebelum World Wide Web menjadi “aplikasi pembunuh” untuk internet. Seperti yang dinyatakan oleh jaringan Foonetic di halaman utamanya: “IRC ada di sini sebelum AIM dan MSN dan Twitter, dan itu akan ada di sini lama setelah mereka mati dan pergi.”

IRC juga merupakan standar terbuka, dan oleh karena itu bukan milik siapa pun. Protokol didefinisikan sebagai RFC 1459. Itu berarti setiap orang dapat membaca spesifikasi dan menulis program klien atau server.

Ini adalah perubahan besar dari platform seperti Facebook, di mana orang luar umumnya tidak diperbolehkan membuat versi mereka sendiri karena dimiliki oleh Facebook. Selain itu, karena IRC tidak dimiliki oleh siapa pun, tidak ada risiko bahwa layanan akan tiba-tiba ditutup jika kehabisan uang atau diperoleh, seperti yang terjadi pada beberapa layanan media sosial. (Di sisi lain, jika server IRC individu dimatikan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali itu milik Anda.)

IRC menyediakan cara lain untuk memberikan dukungan yang sangat berbeda dari menggunakan telepon atau metode online lainnya. Ini juga dalam waktu nyata, jadi Anda segera mendapatkan jawaban.

Keuntungan lain menjadi jelas ketika Anda menjelajahi saluran IRC untuk proyek sumber terbuka (banyak di antaranya dihosting di Freenode). Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada pengembang itu sendiri, langkah besar dari operator dukungan teknis yang bahkan tidak pernah menyentuh kode dan dipaksa untuk mengikuti skrip.

Bagaimana Cara Masuk IRC

Langkah 1: Pilih Klien

Untuk masuk ke IRC, hal pertama yang Anda butuhkan adalah klien. Klien yang tersedia sangat memalukan. Jika ada komputer yang mampu mengakses internet, kemungkinan ada klien IRC untuk itu. (Anda bahkan bisa mendapatkan klien untuk Amiga!)

Berikut adalah beberapa yang utama untuk platform modern

  1. mIRC: Ini adalah klien utama untuk Windows. mIRC telah dikembangkan sejak tahun 90-an dan memiliki banyak fitur hebat, seperti bahasa skrip untuk mengotomatiskan tugas-tugas rutin. Tidak seperti banyak klien lain yang gratis, mIRC adalah shareware. Gratis selama 30 hari, tetapi jika Anda ingin tetap menggunakannya, akan dikenakan biaya pembayaran satu kali sebesar $ 20, yang tidak terlalu buruk.
  2. Colloquy: Di sisi Mac, ini adalah klien yang elegan. Seperti banyak klien IRC lainnya, ini gratis dan open source. Anda dapat memilih dari banyak gaya untuk jendela obrolan Anda. Anda juga bisa mendapatkannya untuk iOS, tetapi dalam hal ini Anda harus membayarnya.
  3. XChat: Pengguna Unix dan Linux tidak akan ketinggalan, karena ini adalah platform tempat IRC berasal. Di dunia Linux, XChat adalah klien grafis pilihan. Ini juga tersedia untuk Mac OS X (dalam versi tidak resmi) dan Windows.
  4. Irssi: Untuk baris perintah Unix dan Linux, ini sering kali merupakan klien pilihan berbasis teks. Meskipun tampilannya mungkin mengkhianati klaimnya sebagai “klien masa depan”, ini adalah klien yang cepat dan fleksibel. Satu keuntungan yang dimiliki klien berbasis teks dibandingkan GUI adalah bahwa mereka bekerja dengan program seperti GNU Screen dan tmux. Anda dapat masuk melalui SSH ke mesin jarak jauh, memulai tmux atau Layar, dan memulai Irssi. Jika Anda melepaskan sesi Anda, keluar dan masuk dari komputer lain, sesi Anda akan menunggu Anda.
  5. Mibbit: Jika Anda benar-benar bersikeras menggunakan browser web, Anda dapat menggunakan Mibbit. Keuntungan melakukannya dengan cara ini adalah Anda terhindar dari keharusan menginstal apa pun dan pengaturan Anda akan mengikuti Anda dari mesin ke mesin. Ini menjadikannya alternatif yang ramah pengguna untuk solusi tmux / GNU Screen / Irssi yang disebutkan di atas. Anda juga dapat mengakses Yahoo Chat dan Twitter.
  6. ChatZilla: Salah satu hal hebat tentang Firefox adalah banyaknya pengaya yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan peramban. Ya, ada juga klien IRC untuk Firefox. Ini disebut ChatZilla. Dulunya merupakan standar dengan rangkaian Mozilla asli, dan masih menjadi bagian dari rangkaian Seamonkey.
  7. Fungsionalitas IRC juga dibangun ke dalam beberapa klien perpesanan instan utama, seperti Trillian, Pidgin dan Adium.

Langkah 2: Pilih Jaringan, Server, dan Saluran

Setelah Anda memilih klien, langkah selanjutnya adalah memilih jaringan, server, dan saluran. Jika Anda tertarik untuk berkontribusi pada proyek sumber terbuka atau mendapatkan dukungan, Freenode adalah pilihan terbaik Anda. Jaringan IRC ini berspesialisasi dalam proyek-proyek yang diarahkan oleh sesama. Canonical menjalankan saluran resmi Ubuntu di sana. Wikimedia Foundation juga menjadi tuan rumah saluran untuk berbagai proyeknya, termasuk Wikipedia dalam semua bahasanya, di sana. (Untuk lebih lanjut tentang Ubuntu, lihat Ubuntu di Windows: Apa Kesepakatan Besarnya?)

Ada jaringan besar lainnya, termasuk EFnet, Quakenet, DALnet, dan lainnya, tetapi Anda harus menggali. IRC cenderung menjadi lingkungan yang kasar dalam istilah internet.

Anda akan melihat daftar server yang dapat Anda sambungkan di halaman beranda jaringan. Jaringan biasanya juga memiliki server “round-robin” yang akan menghubungkan Anda ke server acak dalam jaringan. Ini sering kali merupakan pilihan yang baik, karena server terkadang mati, dan dengan cara ini Anda akan selalu terhubung ke server yang bagus. Atau, Anda dapat memilih server yang secara geografis paling dekat dengan Anda.

Anda juga harus memilih nama panggilan. Sebagian besar jaringan memiliki perangkat lunak yang memungkinkan Anda mendaftarkan nama panggilan dengan kata sandi, dan sebagian besar klien cukup pintar menyimpannya untuk Anda.

Kemudian Anda harus memilih saluran. Anda dapat mengetik “/ list” ke klien Anda, tetapi banyak server dengan banyak saluran menganggapnya sebagai penyalahgunaan. Jaringan yang lebih besar biasanya memiliki daftar saluran yang dapat dicari.

Sebagian besar saluran dimulai dengan “#”, jadi Ubuntu akan menjadi “#ubuntu”, misalnya. Untuk bergabung, ketik “/ join #ubuntu.” Klien grafis memiliki daftar saluran yang dapat diklik.

Menjadi Warga DALNET  yang Baik

Saat pertama kali masuk ke saluran, yang terbaik adalah duduk di sana dan menyerap nada umum percakapan sebelum langsung masuk.

Anda harus tetap pada topik ketika Anda memutuskan untuk berbicara. Orang-orang yang menjalankan saluran dukungan dan diskusi melakukannya karena suatu alasan, dan percakapan di luar topik sering kali menjadi gangguan. Di sisi lain, saluran IRC cenderung sangat informal, dan orang-orang masih suka bercanda saat mereka sedang mencari bug.

Ini juga membantu jika Anda telah membaca dokumentasi, FAQ, dan informasi lainnya sehingga personel pendukung tidak perlu mengulanginya sendiri.

Terakhir, apa pun yang Anda lakukan, jangan membanjiri saluran. Itu berarti mengulang baris yang sama berulang kali. Jika Anda melakukan ini, Anda akan dikeluarkan atau bahkan dilarang dari saluran tersebut. Jika Anda tidak segera mendapatkan jawaban, bersabarlah. Saluran dijalankan oleh sukarelawan, dan biasanya mereka sibuk.

Waktu IRC?

IRC adalah protokol internet untuk komunikasi online waktu nyata. Meskipun banyak aplikasi obrolan yang lebih menarik telah muncul sejak kemunculannya di tahun 1980-an, IRC masih tetap kuat, dan menyediakan alternatif yang layak. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang IRC, IRCHelp.org adalah sumber yang bagus. Saya harap artikel ini memberi Anda informasi yang cukup dan membangkitkan selera Anda untuk memulai!